SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MAJELIS WAKIL CABANG NAHDLATUL 'ULAMA KECAMATAN SEMIN GUNUNGKIDUL

Friday 5 January 2018

KUATKAN KEASWAJAAN MWCNU SEMIN GELAR RUQYAH MASSAL

Di kalangan warga Nahdliyin Kecamatan Semin kegiatan Ruqyah merupakan sesuatu yang asing, Bahkan Di Kecamatan Semin belum pernah diadakan kegiatan tersebut.

Ruqyah secara istilah merupakan doá perlindungan dengan membaca ayat-ayat suci al-qurán. Sedangkan menurut Ibnu Hajar Ruqyah adalah ucapan yang dibacakan untuk kesembuhan segala macam penyakit.

Metode Ruqyah biasanya dilakukan oleh sebagian besar umat islam indonesia untuk penyembuhan penyakit dengan berbagai macam media, seperti air yang didoákan untuk penyembuhan penyakit baik medis mapun non medis, atau di desa-desa kita mengenal dengan istilah “suwuk”. Itu merupakan bagian dari Ruqyah.

Selain sebagai sebuah metode penyembuhan berbagai macam penyakit, Ruqyah juga merupakan sarana dakwah, hal itu terbukti banyaknya umat islam dari berbaagai macam golongan di Indonesia yang kini menggunakan motode ini, tidak terkecuali golongan-golongan yang dulunya menganggap kegiatan semacam ini musrik, bid’áh dsb yang kemudian mereka gunakan sebagai sarana rekrutmen anggota yang tentunya dengan cara yang berbeda dengan Ruqyah ala Aswaja.

Hal inilah yang kemudian mendorong pengurus Jam’iyah Ruqyah Aswaja (JRA) Team Handayani untuk menggelar Ruqyah Massal di MWCNU Semin.

Nur Ali SH Selaku Koordinator JRA Team Handayani mengatakan bahwa  acara tersebut diperuntukkan untuk seluruh elemen masyarakat Semin dan sekitarnya. Selain untuk penyembuhan penyakit jasmani, kegiatan ini juga merupakan upaya untuk memperkuat aqidah An-Nahdliyah.

Kegiatan Ruqyah ini dihadiri sekitar 200 peserta yang berasal dari warga nahdliyin di kecamatan Semin, Karangmojo, Semanu, Wonosari dan daerah lain seperti Bantul.

Selain dari Team JRA Handayani acara tersebut juga Bekerjasama dengan team JRA Bledug Langit Wonogiri Serta Dihadiri Pengurus JRA pusat Mbah Fattah, Mbah Makmun dan Mbah Sentot.

“Banyak manfaat yang didapat dari kegitan ini, disamping media dakwah, sekarang penyebaran ajaran salafi wahabi banyak dilakukan dengan media Ruqyah Syar’iyah yang notabene akhirnya mereka melakukan rekrutmen anggota. Tentu ini adalah suatu keprihatinan yg seharusnya pengurus NU jeli dan bijak menyikapinya”Ujar Ketua Tafidziyah MWCNU Semin.

Acara tersebut  dilaksanakan pada Ahad (31/12/2017), bertempat di Gedung Dakwah MWCNU Semin.

No comments:

Post a Comment

Designed By