SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MAJELIS WAKIL CABANG NAHDLATUL 'ULAMA KECAMATAN SEMIN GUNUNGKIDUL

Friday 28 June 2013

Rukyatul Hilal Jumadil Akhir 1434 H

60 aktifis falakiyah di Jakarta dan Jawa Barat, Rabu (10-11/4) kemarin mengikuti Rukyatul Hilal yang

Rukyat kali ini dihadiri oleh Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI Prof. Dr. H. Abdul Djamil, MA, Kasubdit Pembinaan Syariah dan Hisab Rukyat Dr. H. Ahmad Izzuddin, M.Ag, Utusan Dari Kemenag Sukabumi, Utusan  BHR (Badan Hisab Rukyat) Sukabumi, Utusan KUA Se-kota Sukabumi, Lajnah Falakiyyah PBNU, Tim Falakiyah LDII, dan para ahli falak Jawa Barat dan sekitarnya.

Acara dimulai dengan kunjungan Dirjen Bimas Islam beserta rombongan ke Gedung Pusat Observasi Bulan baru yang terletak di desa Cibeas kecamatan Simpenan kabupaten Sukabumi untuk melakukan survey gedung POB yang baru. Kemudian dilanjutkan ke Gedung Pusat Observasi Bulan lama yang terletak di desa Cidadap kecamatan Simpenan kabupaten Sukabumi untuk malaksanakan prosesi Rukyatul Hilal.

Prosesi Rukyatul Hilal dimulai pada pukul 16.30 WIB dengan sambutan Dirjen Bimas Islam dan Doa oleh KH. Yahya Sukabumi.

"Perbedaan penentuan awal bulan Qamariyah masih rentan sekali terjadi di Indonesia, bahkan di beberapa negara lainnya. Namun janganlah kemudian karena perbedaan tersebut menjadi bibit-bibit perpecahan di kalangan umat islam. Sosialaisasi hisab rukyat juga perlu dilakukan agar umat islam mengetahui bagaimana cara penentuan awal bulan qamariyah yang benar," ujar Dirjen Bimas Islam Prof Dr. H. Abdul Djamil, MA dalam sambutannya.

Sementara Kasubdit Pembinaan Syariah dan Hisab Rukyat Dr. H. Ahmad Izzuddin, M.Ag menyampaikan dalam simulasi Rukyatul Hilal kepada para perukyat bahwa pada tanggal 29 Jumadil Ula 1434 H/10 April 2013 hilal berada pada ketinggian sekitar -1 derajat pada azimuth 280 derajat ketika matahari terbenam pukul 17:54 WIB, sehingga sangat tidak mungkin hilal bisa dilihat.

Namun demikian, lanjutnya, rukyat tetap dilakukan sebagai sarana untuk membuktian hasil hisab yang telah dilakukan sebelumnya. Beliau juga menambahkan kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari yaitu Rabu dan Kamis, 10 dan 11 April 2013. Pada hari Kamis posisi hilal telah mencapai ketinggian sekitar 9 drajat, sehingga besar kemungkinan hilal akan bisa dilihat.

Selain seremonial kegiatan, paniatia juga mengemas kegiatan tersebut dengan penjelasan penggunaan alat rukyat modern yang disampaikan oleh Ismail Fahmi, S.Ag dan H. Hendro Setyanto, MSI.

Dalam penjelasannya, mereka menyampaikan bahwa alat rukyat sekarang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dengan teleskop yang canggih, kita cukup memasukkan data koordinat, maka teleskop tersebut akan bergerak dengan sendirinya menuju benda langit yang dituju. Selain teleskop, software-software komputer atau sejenisnya juga cukup akurat dalam menyumbang kemajuan rukyatul hilal.

Dalam pelaksanaan ini peserta cukup serius mengikuti, terbukti para peserta sangat sungguh-sungguh memperhatikan pemaparan dari para pemateri. Selain itu peserta juga terkesan gembira bisa mengikuti kegiatan Rukyatul Hilal secara langsung dengan mencoba menggunakan teropong hilal yang telah disiapkan oleh tim rukyatul hilal.

Kamis 11 April

Melanjutkan kegiatan rukyatul hilal  pada hari sebelumnya (10/4) di Pusat Observasi Bulan (POB) Pelabuhan Ratu Sukabumi. Tim rukyatul hilal melakukan kegiatan tersebut dengan tim Pegiat Lajnah Falakiyah PBNU yang di koordinatori oleh Ali Maftukin, SHI. Dan tim lajnah falakiyah dari Banten yang dikoordinatori oleh Buseri.

Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pada jam 14.00 WIB dengan penjelasan simulasi rukyatul hilal oleh Dr. H. Ahmad Izzuddin, M.Ag dan Ismail Fahmi, S.Ag kepada para peserta. Dalam penjelasannya, diterangkan bahwa matahari akan terbenam pada pukul 17:54 WIB dan hilal pada saat matahari terbenam akan berada pada ketinggian 9 derajat pada Azimuth 285 derajat. Sehingga besar kemungkinan hilal akan telihat baik menggunakan alat maupun dengan mata telanjang. Alat yang digunakan rukyat pada saat adalah teropong vixen dan beberapa alat pendukung lainnya.

Dalam pelaksanaan rukyatul hilal kali ini cuaca kurang begitu bersahabat karena pada pukul 15.00 WIB hujan cukup deras mengguyur lokasi Rukyatul Hilal. Namun tim perukyat tetap melakukan pengamatan dengan harapan ketika menjelang matahari terbenam langit akan cerah kembali sehingga hilal akan bisa terlihat.

Harapan para perukayat tidak sia-sia karena sekitar pukul 16.30 hujan berhenti dan langit mulai cerah di bagian barat. Walaupun langit bagian timur masih menampakkan mendung dan gelapnya.

Para peserta cukup antusian melakukan kegiatan tersbut, terbukti dengan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh peserta kepada tim lajnah falakiyah kemenag RI. Peserta juga menyempatkan diri untuk mengamati secara langsung menggunakan alat yang telah disediakan. (Ali Maftukin:Red:Anam)

diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI di Pusat Observasi Bulan (POB) Pelabuhan Ratu Sukabumi.

No comments:

Post a Comment

Designed By