SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MAJELIS WAKIL CABANG NAHDLATUL 'ULAMA KECAMATAN SEMIN GUNUNGKIDUL

Thursday 7 May 2015

Fenomena Gerakan #AyoMondok dan Islam Nusantara

Muslimedianews.com ~ Entah kebetulan atau ada yang menggerakkan, berbagai kalangan dan lapisan masyarakat kini sedang gencar dengan wacana Islam Nusantara. Ormas Islam terbesar di dunia Nahdlatul Ulama memilih tema Islam Nusantara pada Muktamarnya yang ke-33 diawali dengan Halaqah Pra Muktamar di beberapa wilayah bagian Indonesia dalam rangka mensosialisasikan tema besar Islam Nusantara tersebut.

Selang beberapa waktu kemudian, muncul kampanye gerakan “Ayo Mondok, Pesantrenku Keren” dari sekumpulan aktifis dan pemerhati Islam Nusantara yang dimotori oleh Rabithah Maahid Islamiyah (RMI) sebuah lembaga resmi NU yang menaungi Persatuan Pesantren di Indonesia dengan ikon dan desain grafis visualisasi yang cukup menarik dan kreatif.

Gerakan Ayo Mondok – Islam Nusantara kini berlanjut dengan telah dibuatnya akun twitter resmi di @ayomondok yang dikelola oleh aktifis Nahdliyyin di wilayah Jawa Timur. Menurut salah satu admin akun tersebut, rencananya akan ada launching resmi gerakan Ayo Mondok secara nasional dalam waktu dekat.

Sebelum wacana Islam Nusantara ramai dibincangkan seperti saat ini, sebetulnya Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumerdaya Manusia (Lakpesdam PBNU) telah lebih awal membuat kajian dan riset ilmiah melalui jurnal Taswirul Afkar dengan edisi khusus bertajuk Islam Nusantara pada tahun 2013 lalu.

Semoga maraknya kampanye Islam Nusantara dengan berbagai media dan variasinya bisa menambah pemahanan masyarakat umum atas pentingnya fungsi dan peran Islam Nusantara dalam rangka meneguhkan dan melanggengkan Islam Nusantara di wilayah NKRI.

Oleh : Ust. Mukhlisin

No comments:

Post a Comment

Designed By